Label

Salam


hehehe

hehehe

Selasa, 10 Juli 2012

ADMINISTRASI PENDIDIKAN


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI SAMARINDA
TARBIYAH
KEPENDIDIKAN ISLAM

PENGENALAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
PADA MAHASISWA DAN MAHASISWI
KEPENDIDIKAN ISLAM
OLEH : ELLY KARTIKA SARI
NIM : 11.1102.0057

PENDAHULUAN
Dalam arti luas administrasi adalah proses yang meliputi perencanaan , pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya organisasi. Pengerahan tersebut meliputi motivasi, kepemimpinan, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, komunikasi, koordinasi, negosiasi dan perubahan organisasi. Pegendalian meliputi pemantauan, penilaian dan pelaporan. Dalam kaitannya dengan pedidikan administrasi berperan dalam ilmunya terkait dengan aplikasi atau penggunaan dalam pendidikan. Artinya bahwa adminstrasi pendidikan ialah segenap proses pengerahan dan pengintegrasian segala sesuatu. Dalam pencapaian tujuan pedidikan. Disinilah pentingya suatu administrasi yang meliputi perencanaan, perorganisasian, pengarahan dalam pendidikan.atau lebih singkatnya, dapat dikatakan juga administrasi pendidikan adalah pembinaan, pengawasan dan pelaksanaan segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan sekolah.
Untuk itu membahas dalam makalah ini tentang administasi pendidikan sebagai penambahan pengetahuan bagi pembaca, terkait dengan pengertian adminstrasi, pengertian pendidikan dan pengertian administrasi pendidikan sampai pada mengetahui bidang garapan administrasi pedidikan.
Administrasi pendidikan mencakup kegiatan-kegiatan yang luas, meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pegawasan dan sebagainya. Yang menyangkut bidang-bidang material, personal dan spiritual dalam bidang pendidikan pada umumnya da khususnya pendidikan yang diselenggarakan disekolah-sekolah.
Bahwa administrasi pendidikan itu merupakan proses keseluruhan dan kegiatan-kegiatan bersama yang harus dilakukan oleh semua pihak yang terlibat dalam tugas-tugas keseluruhan pendidikan. Oleh karna itu seyogyanya harus diketahui bukan hanya oleh kepala sekolah, pimpinan-pimpinan pendidikan, tetapi juga harus diketahui oleh para guru dan pegawai-pegawai sekolah sesuai dengan fungsi jabatannya masing-masing dan sebagai mahasiswa dan mahasisiwi calon guru dan bergerak dalam bidang pendidikan pada umumnya dan jurusan tarbiyah prodi kependidikan islam pada khususnya adalah sebuah kewajiban untuk mengetahui tentang administrasi pendidikan. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis membahas tema ini dengan judul “Pengenalan Administrai Pendidikan pada Mahasiswa dan Mahasiswi Kependidikan Islam”.


PEMBAHASAN
A.     Definisi Administrasi, Pedidikan dan Administrasi Pendidikan
1.      Pengertian Administrasi
Secara etimologi administrasi berasal dari bahasa latin yaitu ad dan ministrare. Ad berarti intensif, sedangkan ministrare berarti melayani, membantu dan memenuhi. Jadi administrasi yang dijadikan kata serapan dalam bahasa Indonesia berarti melayani, membantu dan memenuhi secara intensif.
Secara terminologi administrasi adalah proses yang meliputi perencanaan, pegorganisasian, pengarahan dan pengendalian sumber daya organisasi.
2.      Pengertian Pendidikan
Ditinjau dari sudut hukum  definisi pendidikan berdasarkan Undang Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas pasal 1 ayat (1) yaitu pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran  agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara” [1]
3.      Pengertian Administrai Pendidikan
Administrasi pendidikan adalah suatu proses keseluruhan kegiatan bersama dalam bidang pendidikan yang meliputinperencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaporan, pengkoordinasian, pengawasan, pembiayaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia baik personal, material, maupun spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

B.     Bidang Garapan Adminidtrasi Pendidikan
Setiap kegiatan dalam proses administrasi pendidikan diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Dan masing-masing bidang mempunyai nsur tugas dan fungsinya, adanya unsur dan fungsi menunjukan bahwa dalam setiap kegiatan administrasi perlu adanya pengorganisasian yang baik dan teratur.
Secara terperinci bidang penggarapa adimistrasi pendidikan dapat pula di uraikan sebagai berikut :
a.       Administrasi tata laksana sekolah
-          Organisasi dan striktur kepegawaian tata usaha
-          Otorosasi dan anggaran belanja keuagan sekolah
-          Masalah kepegawaian dan kesejahteraan personal sekolah
-          Masalah perlengkapan dan perbekalan
-          Keuanga dan pembukuan
-          Koresponden / surat menyurat
-          Laporan-laporan
-          Masalah pengangkatan, pengunduran diri, penempatan keberhasilan pegawai
-          Pengisian buku pokok, klipper, raport dan sebagainya

b.      Administrasi personal guru dan pegawai sekolah
-          Pengangkatan dan penetapan tenaga guru
-          Orang personal guru
-          Masalah kepegawaian dan kesejahteraan guru
-          Recana orientasi bagi tenaga guru yang baru
-          Konduite dan penilaian kemajuan guru
-          Insurvice training dan up grading guru
c.       Administrasi murid
-          Orang dan perkumpulan murid
-          Masalah kesehatan dan kesejahteraan murid
-          Penilaian dan pengukuran kemajuan murid
-          Bimbingan dan penyuluhan bagi murid-murid

PENUTUP
Pemtingnya administrasi pendidikan adalah untuk menciptaka dan terselenggaranya kondisi belajar mengajar yang baik sehingga mencapai tujuan pendidikan. Yang menyangkut pada semua kegiatan sekolah, baik yang mengenai materi personal, perencanaan, kerja sama, kepemimpinan, kurikulu dan sebagainya.
Administrasi dapat dikelompokan menjadi sebagai berikut :
a.       Administrasi material : materi/benda-benda, ketatausahaan, keuangan, gedung, alat-alat sekolah dan sebagainya.
b.      Adminstrasi personal : guru, pegawai serta murid
c.       Administrasi kurikulum : pngurusan kurikulum, pembinaan keuangan, pelaksanaan kurikulum dan sebagainya.
Adapun pengertian adminstrasi adalah Secara etimologi administrasi berasal dari bahasa latin yaitu ad dan ministrare. Ad berarti intensif, sedangkan ministrare berarti melayani, membantu dan memenuhi. Jadi administrasi yang dijadikan kata serapan dalam bahasa Indonesia berarti melayani, membantu dan memenuhi secara intensif.
Secara terminologi administrasi adalah proses yang meliputi perencanaan, pegorganisasian, pengarahan dan pengendalian sumber daya organisasi.
Pendidikan adalah  Ditinjau dari sudut hukum  definisi pendidikan berdasarkan Undang Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas pasal 1 ayat (1) yaitu pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran  agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara
Dan administrasi pendidikan adalah suatu proses keseluruhan kegiatan bersama dalam bidang pendidikan yang meliputinperencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaporan, pengkoordinasian, pengawasan, pembiayaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia baik personal, material, maupun spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.



DAFTAR PUSTAKA
Bafadul, Ibrahim, Managemen Perlengkapan Sekolah, Bumi Aksara:Jakarta, 2004
Soewondo, Soetinah, Dasar-Dasar Pendidikan, Effhar Publishig:semarang, 1993
Rifai, M. Moh, Administrasi Pendidikan, Jemmars: Bandung, 1986
Usman, Husaini, Managemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan, Bumi Aksara: Yogyakarta, 2006




[1] Prof. Dr. Huasaini Usman, M.Pd, MT, Managemen Teori. Praktik, dan Riset Pendidikan, Bumi Aksara, Yogyakarta, 2006 Hal. 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar