Label

Salam


hehehe

hehehe

Selasa, 29 Mei 2012

Karakteristik Media Pembelanjaran (Quiz)

1. Pengertian Media
Media berasal dari bahasa latin medius yang berarti tengah, perantara atau pengantar. Dalam bahasa arab juga disebutkan wasaail yang berarti perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima.
jadi media adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima. Sehingga dapat merangsang pemikiran, perasaan, perhatian, dan minat sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.

2. Manfaat Adanya Media
a. Media sebagai alat bantu, dikatakan media sebagai alat bantu disini adalah alat-alat yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pendidikan/pengajaran. Alat bantu ini berfungsi untuk membantu dan meragakan sesuatu dalam proses belajar mengajar.

b. Media sebagai sumber belajar, dikatan media sebagai sumber belajar adalah media dimanfaatkan untuk mempelajari bahan dan pengalaman pembelajaran melalui media-media dalam proses pembelajaran.

3. Macam-macam Media
 Dilihat dari jenisnya media dibagi dalam beberapa macam yaitu :
a. Media auditif
media ini hanya mengandalkan suara saja. Seperti radio, kaset, recorder, piringan hitam. Pembelajaran bisa dilakukan dengan media ini namun kurang efektif bagi peserta didik yang mengalami tuna rungu.

b. Media Visual
media ini mengandalkan penglihatan, seperti menampilkan gambar-gambar, film, slide, foto. Pembelajaran sering dilakukan dengan media visual ini dalam keseharian kita.

c. Media Audiovisual
media ini mengandalkan gambar dan suara, media ini lebih unggul dari jenis media audio dan visual, pasalnya media ini mengabungkan antara mendengar dan melihat yang lebih memudahkan dalam proses pembelajaran.

4. Pengembangan dan Pemanfaatan Media
Media pengajaranadalah suatu alat bantu yang tidak bernyawa. alat ini bersifat netral, perannya akan terlihat jika pengajar pandai memanfaatkannya dalam belajar mengajar. perannya terlihat dari tiga poin dibawah ini :
  • sebagai penjelas dari keterangan terhadap suatu bahan yang para pengajar sampaikan.
  • media dapat memunculkan permasalahan untuk dikaji lebih lanjut dan dipecahkan oleh para peserta didik dalam proses belajarnya. 
  • sebagai sumber belajar
nilai-nilai prkatis dalam media pembelajaran adalah :
  • dengan media dapat meletakkan dasar-dasar yang nyata untuk berpikir.
  • dengan media dapat memperbesar minat dan perhatian siswa untuk belajar.
  • dengan media dapat meletakkan dasar untuk pengembangan belajar sehingga hasil belajar bertambah mantap.
  • memberikan pengalaman yang nyata dan dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri pada setiap siswa.
  • menumbuhkan pemikiran yang teratur dan berkesinambungan.
  • metode belajar lebih bervariasi.
  • bahan pemngajaran akan lebih jelas maknanya.
  • siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar.
 Dengan penjelasan diatas tersebut dapat disimpulkan bahwa karakteristik media pembelajaran sangat berpengaruh dan penting dalam proses pembelajaran yang lebih baik lagi dijaman teknologi ini.

Daftar Pustaka
Arstad, Azhar, Media Pembelajaran, jakarta:PT. Radjagrafindo Persada, 2009
Bahri, Djamarah Syaiful, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Sudarjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 1991

Tidak ada komentar:

Posting Komentar