Label

Salam


hehehe

hehehe

Senin, 28 Mei 2012

Quiz ( poin 1.a)

Teknologi Pendidikan Untuk Pendidikan Jarak Jauh
Oleh : Elly Kartika Sari
NIM; 11.1102.0057
Kependidikan Islam

Teknologi adalah suatu media yang digunakan untuk pembelajaran pada masa kini. Di zaman yang serba global kehidupan menjadi lebih instan, jarak jauh bisa ditempuh dengan satu jam saja dengan pesawat, surat bisa dikirim dengan cepat dengan pesan singkat seperti SMS, sampai pada makanan pun kini instan dan cepat saji. Hal ini adalah refleksi dari semakin berkembangnnya perkembangan kehidupan kita. 

Dalam bidang pendidikan sendiri kita sudah mengenal dengan istilah "Belajar Online". Dimana belajar oneline dilakukan bukan bertatap muka langsung dengan pengajar dan yang diajarkan. Hal ini dapat mengefisienkan waktu dalam pembelajaran jarak jauh. Belajar online dilakukan dengan media teknologi yaitu internet, dengan internet akses apa saja dapat dilakukan, dan komunikasi akan lebih mudah. 

Dengan semakin berkembangnya ilmu teknologi dewasa ini sudah barang tentu para akademisi harus mengetahui pendidikan teknologi itu sendiri. Mengingat dampak dari teknologi memiliki dua sisi yaitu negatif dan positif maka akan menjadi perhatian kita semua untuk dapat menggunakan sebagaimana seharusnya. 

Pendidikan jarak jauh biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki kesibukan lebih dan tidak punya waktu khusus seperti yang terjadi dalam perkuliahan atau sekolah yang ditentukan batas waktunya. Dengan adanya pendidikan jarak jauh maka akan memudahkan bagi si penuntut ilmu untuk mendapatkan pendidikan meski waktu mereka tidak banyak. Dengan adanya pendidikan jarak jauh juga dapat memudahkan penyandang cacat belajar meski tetap dirumah. Pendidikan jarak jauh juga bisa dilakukan oleh tenaga pengajar yang berhalangan hadir namun tugas atau materi harus tetap disampaikan dengan adanya teknologi internet hal tersebut menjadi mudah dan proses belajar mengajar dapat terjadi dimana saja. 

Berikut ini disampaikan manfaat teknologi dalam pendidikan jarak jauh :
1. Mengefisienkan waktu
2. Memudahkan proses belajar beda tempat
3. Informasi didapat lebih cepat.
4. Menghemat biaya
5. Dapat belajar dimana saja

sedangkan dampak buruk teknologi dalam pendidikan jarak jauh :
1. Tidak adanya interaksi langsung anatara tenaga pengajar dan peserta didik
2. Kurang mengerti etika dalam pendidikan formal terkesan cuek
3. Tidak ada sosialisasi antara sesama peserta didik
4. Terkadang tdak adanya balance antara materi yang disampaikan dengan pemahaman si peserta didik

segala sesuatu pasti memiliki dampak negatif dan positif termasuk tentang teknologi pendidikan dalam penididikan jarak jauh. Untuk itu dikembalikan kembali kepada masing-masing individu untuk dapat menggunakan sebaik mungkin apa yang terbaik dari pengetahuan yang semakin berkembang ini.

Sumber Bacaan: 
http://www.lppi.or.id/index.php/module/Pages/sub/16
http://fauzan.wordpress.com/2006/07/04/sistem-pendidikan-jarak-jauh/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar